Rabu, 23 Oktober 2013

TEAM WORK

Pengertian Team Work

Teamwork merupakan sebuah sikap atas situasi dimana terdapat lebih dari satu bagian yang bekerja dengan peranan masing-masing secara bersamaan antara satu dengan yang lainnya, demi mencapai suatu tujuan yang sama melalui komunikasi yang bersinergi. Jadi dalam sebuah bagian tersebut, peran antara satu yang lain adalah tidak sama, saling membagi tugas adalah intinya.

Konsep Team Work

Konsep Teamwork adalah konsep kerja secara bersama-sama dengan tanggungjawab yang harus dipegang oleh bagiannya masing-masing. Teamwork dilakukan karena tidak semua orang memiliki keahlian disegala bidang.Namun kita bisa membuat semua itu sempurna jika orang yang tidak sempurna tersebut saling bergabung dan menutupi kekurangan masing-masing.


Sumber: http://vikasharingbersama.blogspot.com/2012/07/teamwork-its-key.html

Kendala Team Work:
  1. Komunikasi tidak bebas .
  2. Tidak bersedia membagi informasi .
  3. Persaingannya tidak sehat .
  4. Tidak mempercayai anggota lain .
  5. Jarang timbul kesepakatan .
  6. Egoisme masing2 anggota .
  7. Rendahnya loyalitas anggota .
  8. Menimbulkan ketergantungan.
Solusi Kendala Team Work:
  1. Keterbukaan antar anggota. 
  2. Menyingkirkan egoisme. 
  3. Pemimpin yang peka terhadap anggotanya. 
  4. Sikap saling percaya antar anggota. 
  5. Mendahulukan kepentingan kelompok daripada kepentingan individu. 
Manfaat Team Work:
  1. Melatih sifat kooperatif atau kerjasama. 
  2. Melatih keterampilan komunikasi. 
  3. Melatih kemampuan bertanggung jawab. 
  4. Efisiensi waktu. 
  5. Mengurangi kesalahan pelaksanaan. 
  6. Mempererat silaturahmi. 
  7. Membangun kekompakan. 
  8. Memudahkan pencapaian tujuan kelompok. 
  9. Menyelesaikan masalah yang tidak bisa dipecahkan. 
  10. Meningkatkan sosialisasi. 

Sumber :http://kinochancute.blogspot.com/2012/04/team-work.html


Opini: Menurut saya Team Work begitu penting karna anpa kita sadar setiap hari kita melakukan team work dalam bentuk yg berbeda. Kalau ada satu saja dalam team yg tidak bekerja semestinya nantinya akan menimbulkan masalah. Oleh karena itu dalam Team Work sangatlah dibutuhkan saling kepercayaan, keterbukaan, menghilangkan sifat egois, dan tanggung jawab. Mulai lah dari diri senidri maka kemungkinan besar Team Work itu akan terbentuk secara alami.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar