Kamis, 04 Juli 2013

Manusia dan Harapan

Semua orang di dunia ini pasti punya harapan, tanpa terkecuali saya sendiri. Harapan berasal dari kata harap yang artinya menginginkan sesuatu terjadi, Dengan demikian harapan bisa berhubungan dengan masa depan atau masa lalu. Berhasil atau gagalnya harapan kita tergantung dengan diri kita sendiri. Karena cuma diri kita yang bisa mewujudkanya.

Banyak orang yang selalu bilang harapan dan cita-cita berbeda tp menurut saya harapan adalah jalan untuk kita mewujudkan cita-cita kita sendiri. Cita-cita adalah sesuatu yang dinginkan setinggi-tingginya, tapi kalo harapan tidak lah terlalu muluk-muluk.

Ada penyebab kita memiliki Harapan yaitu :

  1. Dorongan Kodrat
Yaitu sebuah sifat, keadaan atau pembawaan alamiah yang sudah terwujud dalam diri manusia sejak manusia itu diciptakan Tuhan.
Dorongan kodrat mengakibatkan kita merasakan sedih, senang, menangis, tertawa, bahagia dan sebagainya. Oleh karena itu kitapun akhirnya memiliki harapan.

    2. Dorongan kebutuhan hidup

Manusia memiliki kebutuhan hidup, umumnya kebutuhan itu adalah kebutuhan jasmani dan rohani. Untuk mencapai kebutuhqn hidup itu manusia pun harus membutuhkan orang lain. Contoh dari kebutuhan hidup manusia adalah :
a. Kelangsungan hidup
b. Keamanan
c. Hak dan kewajiban untuk mencintai dan dicintai
d. Diakui lingkungan
e. Perwujutan cita-cita.

Dengan adanya dorongan kodrat dan dorongan kebutuhan hidup maka manusia mempunyai harapan. Pada umumnya harapan itu adalah keinginan untuk memenuhi kebutuhan kehidupan.

Disini saya sendiri pun memiliki harapan hidup tetapi mungkin cukup saya dan orang-orang terdekat saya saja yang tahu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar