- Monopolistik
- Oligopoli
- Monopoli
Ciri-ciri
|
Pasar Persaingan Sempurna
|
Pasar
Monopolistik
|
Pasar
Oligopoli
|
Pasar
Monopoli
|
1.Jumlah Penjual (Produsen)
|
Jumlah pembeli dan penjual sangat banyak
|
Terdapat banyak penjual
|
Hanya ada beberapa jumlah produsen
|
adanya seorang penjual yang menguasai pasar dengan jumlah pembeli
yang sangat banyak.
|
2.Jenis barang yang dijual
|
Barang dan jasa yang diperjualbelikan homogen
|
Barangnya berbeda corak(diferensiasi produk)
|
terdapat barang standar/serupa maupun barang berbeda corak
|
Tidak mempunyai barang pengganti (sustitusi) yang mirip
|
3.Kemampuan menetapkan harga
|
penjual dan pembeli secara individu tdk dpt mempengaruhi harga
|
Penjual mempunyai kekuasaan dalam mempengaruhi harga
|
kekuasaan menentukan harga adakalanya kecil dan adakalanya sangat
besar
|
Dapat mempengaruhi penentuan harga
|
4.Bentuk kurva permintaan
|
Bentuk kurva adalah stabil (elastis sempurna)
|
Tidak elastisitas sempurna
|
kurva permintaan terpatah(kinked demand curve)karena apabila suatu
perusahaan menurunkan harga, perusahaan lain akan mengikutinya
|
kurva permintaan yang ada di monopoli adlh inelastis yaitu sama dgn
kurva permintaan pasar dimana kurva penerimaan marginal (MR) lbh rendah dri
harga
|
5.Hambatan memasuki pasar
|
Tidak ada hambatan untuk keluar/masuk bagi setiap penjual.
|
Mudah memasuki pasar
|
Relatif tingginya hambatan masuk dan keluar pasar (Entry and Exit barriers)
|
ada hambatan berapa keunggulan perusahaan.
|
6.Keseimbangan jangka pendek
|
mendapatkan laba maksimum
|
Keseimbangan jangka pendek terbatas
|
Laba pasar tercapai bilahasil outputyang ditawarkan seluruh produsen
di pasar sama dengan hasiloutput yang dibutuhkan oleh seluruh konsumen
|
perusahaan monopoli menyamakan MR dengan MC agar mencapai laba
maksimum.
|
7.Keseimbangan jangka panjang
|
Memperoleh laba normal
|
Pada kuantitas ini perusahaan hanya memperoleh laba normal.
|
dapat menyebabkan efek yang merugikan seperti terdapat inefiensi
alokasi sumber daya ekonomi dan ketika oligopoly memproduksi produk yang
terdiferensiasi, terlalu banyak biaya yang dibuang untuk iklan dan perubahan
model.
|
Perusahaan monopoli akan kehilangan laba supernormal jangka panjang,
bila tidak mampu mempertahankan daya monopolinya dan bila dalam jangka pendek
perusahaan mengalami kerugian.
|
8.Interdependensi pengambilan keputusan
|
Tidak ada interpedensi dalam pengambilan keputusan
|
Adanya peraturan2 dalam pengambilan keputusan yang berbeda-beda
|
Adanya interdependensi pengambilan keputusan
antara pesaing yang satu dengan pesaing yang lain
|
Pengakuan atasinterdependensidengan anggota lain dan akan mempengaruhi penjual lain termasuk
pesaing
|
9.Contoh barang
|
pasar hasil-hasil produksi pertanian, pasar industri kerajinan tangan
oleh rakyat, pasar tenaga kerja pelaksana, bursa efek, pasar uang dan pasar
modal, barang konsumsi hasil industri rumah tangga
|
pasar obat-obatan, pasar barang ritel seperti sabun, shampoo, pasta
gigi, kosmetik
|
pasar semen, pasar layanan operator selular, pasar otomotif, dan
pasar yang bergerak dalam industri berat.
|
PT. Perusahaan Listrik Negara (PLN) PT. KAI,telepon,air minum, gas,
dan bahan bakar minyak (di Indonesia)
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar